Istilah analisis pasar (market analysis) mengacu terhadap belajar perihal situasi pasar untuk style properti tertentu. Tujuannya ialah pengumpulan knowledge dan belajar knowledge pasar yang dibutuhkan untuk menyimpulkan pemanfaatan tertinggi dan paling baik (Highest and Best Use) dan untuk menerapkan pendekatan penilaian.

Analisis pasar termasuk mengenai bersama dengan pilih apakah ada sisa permohonan untuk pemanfaatan properti tertentu dan terkecuali ada, termasuk perluasannya (extend) terhadap perihal tersebut.

Dalam pengertian ini, obyek berasal dari analisis pasar adalah untuk menyelidiki daya menjual berasal dari pemanfaatan potensial untuk sebuah properti. Sehingga bersama dengan demikian, analisis pasar bisa dilakukan sebagai dasar untuk analisis kelayakannya dan menarik analisis perihal pemanfaatan tertinggi dan paling baik berasal dari properti tersebut. Kesimpulan ini dapat tertentu seperti yang disarankan pasar. Misalnya, analisis pasar bisa membuktikan apakah pengembangan properti yang diusulkan harus bersifat unit apartemen yang dihuni sendiri atau kondominium yang disewa oleh penyewa.

Analisis properti adalah perihal yang amat perlu didalam penilaian properti yang sudah ada/eksisting atau yang tengah diusulkan (pengembangan). Properti eksisting biasanya beri tambahan riwayat operasional, misalnya catatan tingkat hunian, sewa, dan pengeluaran. Penentuan pemanfaatan untuk properti eksisting pun mungkin dapat segera terlihat. Misalnya, biarpun tingkat hunian dan penghasilan jaman depan tidak bisa dipastikan, perkiraan arus kas bisa dikembangkan berdasarkan analisis pasar. Sedangkan untuk properti didalam pengembangan/yang diusulkan di lahan yang kosong atau di tengah didalam pemanfaatan lain, memiliki ketidakpastian yang lebih besar dan biasanya membutuhkan belajar yang lebih mendalam.

Di sini peran Penilai dikehendaki (diharuskan) untuk mengembangkan analisis pasar mandiri untuk tiap-tiap penugasan. Beberapa penugasan mungkin membutuhkan tidak lebih berasal dari belajar ekonomi makro perihal situasi pasar lazim yang berdampak terhadap style properti tertentu. Hal ini dikenal sebagai Market Study (Analisis Pasar), market study ini melihat situasi penawaran dan permohonan secara luas yang pengaruhi style properti.

Penilai mungkin termasuk dapat meraih style penugasan lain yang mungkin saja membutuhkan analisis yang lebih didalam berasal dari terhadap market study yang disebut bersama dengan belajar daya jual/kemampuan pemasaran (Marketability Study).

Jenis analisis ini adalah belajar ekonomi mikro yang berfokus terhadap bagaimana properti tertentu dapat diserap, dijual, atau disewakan didalam situasi pasar sementara ini atau terhadap jaman yang dapat mampir (antisipasi). Marketability Study pas dilakukan untuk sebagian besar penugasan penilaian saat suatu properti bersifat tertentu dan harus adanya proses identifikasi dan juga mengukur pasar di sekitarnya yang berdampak terhadap properti tersebut.